RANCANGAN
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(Materi Penyusunan
Kertas Kerja atau Neraca Lajur)
UNTUK MEMENUHI TUGAS
Kemampuan Dasar
Mengajar
yang
dibina oleh Bapak Dudung Ma’ruf Nuris
oleh
Fajar
Rizki Santoso
130421604947
UNIVERSITAS NEGERI MALANG
FAKULTAS EKONOMI
JURUSAN AKUNTANSI
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI
September 2014
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : Sekolah
Menengah Atas (SMA)
Bidang Studi : Ekonomi
(Akuntansi)
Kelas/Semester : XI/2
Alokasi Waktu : 2 X 45
menit
A. STANDAR KOMPETENSI
Memahami penyusunan siklus akuntansi
perusahaan jasa
B. KOMPETENSI DASAR
Menyusun laporan keuangan perusahaan menggunakan
neraca lajur
C. INDIKATOR
1. Menafsirkan definisi neraca lajur
2. Mendeskripsikan format dan fungsi neraca
lajur
3. Penyusunan neraca lajur
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Siswa dapat menafsirkan definisi neraca
lajur
2. Siswa dapat mendeskripsikan format dan
fungsi neraca lajur
3. Siswa dapat menyusun neraca lajur
E. MATERI PEMBELAJARAN
1. Pengertian neraca lajur
Neraca lajur merupakan kertas yang berkolom kolom / berlajur lajur yang
disusun sedemikian rupa untuk menghimpun semua data keuangan dengan tujuan
membantu proses penyusunan laporan keuangan
2. Fungsi neraca lajur
a. Membantu mempermudah penyusunan
laporan keuangan
b. Mengklasifikasikan akun yang
sejenis
c. Mempermudah koreksi jika terjadi
kesalahan
Format Neraca Lajur
a.
6 kolom
NO
|
AKUN
|
N..SALDO
|
L / R
|
NERCA
|
|||
D
|
K
|
D
|
K
|
D
|
K
|
||
b. 8 kolom
NO
|
AKUN
|
N. SALDO
|
A. PENYES
|
L / R
|
NERCA
|
||||
D
|
K
|
D
|
K
|
D
|
K
|
D
|
K
|
||
c.
10 kolom
NO
|
AKUN
|
N. SALDO
|
A. PENYES
|
N.S.S.DISES
|
L / R
|
NERCA
|
|||||
D
|
K
|
D
|
K
|
D
|
K
|
D
|
K
|
D
|
K
|
||
d. 12 kolom
NO
|
AKUN
|
N. SALDO
|
A. PENYES
|
N.S.S.DISES
|
L / R
|
LAP. P.M
|
NERCA
|
||||||
D
|
K
|
D
|
K
|
D
|
K
|
D
|
K
|
D
|
K
|
D
|
K
|
||
3. Penyusunan neraca lajur
Neraca yang sering digunakan adalah model 10 kolom, oleh karena itu akan
kita di bahas penyusunan neraca lajur 10 kolom
a. Isi
kolom Neraca saldo yang diambil dari saldo – saldo akun buku besar
(Harta bersaldo Debet, Utang bersaldo Kredit,
Modal bersaldo Kredit, Pendapatan bersaldo Kredit dan Beban bersaldo Debet )
b.Isi kolom Ayat penyesuaian , yang diambil
dari jurnal penyesuaian
c.Isi kolom Neraca saldo setelah
disesuaikan, yang diambil dari kolom neraca saldo dengan membandingkan kolom ayat
penyesuaian
d.Isi kolom Laba / rugi, yang
diambil dari kolom Neraca saldo setelah disesuaikan ( khusus akun nominal,
yaitu akun pendapatan dan beban )
e. Isi kolom Neraca , yang diambil dari kolom Neraca saldo setelah disesuaikan
( khusus akun riil, yaitu akun harta, utang dan modal )
F. PENDEKATAN, METODE, DAN MODEL PEMBELAJARAN
Pendekatan :
Kontruktivis
Metode :
Kooperatif,
Model Pembelajaran : Ceramah, Penugasan dan Praktik
G. MEDIA/SUMBER PEMBELAJARAN
Media : Papan tulis , LCD proyektor, Penggaris,
Kalkulator
Sumber Pembelajaran :
Hadibroto, et al.
1978, Dasar-Dasar Akuntansi. Jakarta: LP3ES.
Sucipto Toto,
Muelyati, Sumardi, 2009,Akuntansi 1, edisi 2, Jakarta : Yudistira.
Buku akuntansi yang
relevan
LKS
H. SKENARIO PEMBELAJARAN
Pertemuan I
No
|
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Siswa
|
Model
|
Alokasi waktu
|
1
2
3
|
Kegiatan awal:
a. Guru membuka kelas dan berdoa
b. Guru flashback tentang materi neraca
saldo dan jurnal penyeseuaian
Kegiatan inti:
a. Guru menyampaikan inti materi dan
kompetensi yang ingin dicapai
b. Guru menerangkan dan mempraktikkan
pembuatan neraca lajur perusahaan jasa
c. Guru memberi tugas untuk
mendefinisikan dan fungsi dari neraca lajur perusahaan jasa
d. Guru membentuk sebuah kelompok dalam
kelas untuk mempraktikan pembuatan neraca lajur
e. Guru membahas hasil kelompok praktik
pembuatan neraca lajur perusahaan jasa
f. Guru menerangkan semua materi yang
disajikan tadi
g. Guru memberi
kesimpulan
Kegiatan akhir:
a. Guru mengulang kembali materi yang
telah disampaikan dan menyimpulkan kembali
b. Guru
mengakhiri dengan menyuruh siswa latihan soal selanjutnya di rumah
|
Kegiatan awal:
a. mengikuti dengan hikmat
b. Siswa mengingat kembali materi yang
telah disampaikan pertemuan lalu.
Kegiatan inti:
a. Siswa memperhatikan penjelasan dari
guru
b. Siswa memperhatikan penjelasan
gurunya
c. Siswa mendiskusikan tugas tersebut
d. Siswa membagi kelompok menjadai
beberapa bagian dan mepraktikan membuat neraca lajur
e. Siswa menyimak dan melakukan koreksi
terhadap neraca lajur yang mereka kerjakan
f. Siswa mendengarkan dan menambahkan
pada catatannya masing-masing
g. Siswa mencatat kesimpulan dari
gurunya
Kegiatan akhir:
a. Siswa memperhatikan penjelasan dari
gurunya
b. Siswa mencatat apa yang diperintahkan
oleh gurunya.
|
Ceramah
Ceramah dan praktik
Ceramah
|
5 menit
80 menit
5 menit
|
Best 777 Casino - MapyRO
ReplyDelete777 Casino has 777 다파벳 gaming machines, 충청북도 출장마사지 live entertainment & poker games. Play now. 원주 출장마사지 777 Casino 충청남도 출장안마 - Casino Floor Map & Directions. 777 Casino St. Mary's. Rating: 3.6 · 1,821 정읍 출장안마 votes