Tuesday, November 4, 2014

Contoh RPP untuk Pelajaran Akuntansi SMA/SMK

RANCANGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(Materi Penyusunan Kertas Kerja atau Neraca Lajur)




UNTUK MEMENUHI TUGAS
Kemampuan Dasar Mengajar
yang dibina oleh Bapak Dudung Ma’ruf Nuris




oleh
Fajar Rizki Santoso
130421604947




















UNIVERSITAS NEGERI MALANG
FAKULTAS EKONOMI
JURUSAN AKUNTANSI
PROGRAM  STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI
September 2014

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)



Sekolah                       : Sekolah Menengah Atas (SMA)
Bidang Studi               : Ekonomi (Akuntansi)
Kelas/Semester            : XI/2
Alokasi Waktu            : 2 X 45 menit


A. STANDAR KOMPETENSI
     Memahami penyusunan siklus akuntansi perusahaan jasa

B. KOMPETENSI DASAR
     Menyusun laporan keuangan perusahaan menggunakan neraca lajur

C. INDIKATOR
    1. Menafsirkan definisi neraca lajur
    2. Mendeskripsikan format dan fungsi neraca lajur
    3. Penyusunan neraca lajur

D. TUJUAN PEMBELAJARAN
    1. Siswa dapat menafsirkan definisi neraca lajur
    2. Siswa dapat mendeskripsikan format dan fungsi neraca lajur
    3. Siswa dapat menyusun neraca lajur

E. MATERI PEMBELAJARAN
1.  Pengertian neraca lajur
Neraca lajur merupakan kertas yang berkolom kolom / berlajur lajur yang disusun sedemikian rupa untuk menghimpun semua data keuangan dengan tujuan membantu proses penyusunan laporan keuangan
     2.  Fungsi neraca lajur
         a. Membantu mempermudah penyusunan laporan keuangan
         b. Mengklasifikasikan akun yang sejenis
         c. Mempermudah koreksi jika terjadi kesalahan
        Format Neraca Lajur
         a.       6 kolom
NO
AKUN
N..SALDO
L / R
NERCA
D
K
D
K
D
K

               b.      8 kolom
NO
AKUN
N. SALDO
A.  PENYES
L / R
NERCA
D
K
D
K
D
K
D
K
c.       10 kolom
NO
AKUN
N. SALDO
A.  PENYES
N.S.S.DISES
L / R
NERCA
D
K
D
K
D
K
D
K
D
K

d.      12 kolom
NO
AKUN
N. SALDO
A.  PENYES
N.S.S.DISES
L / R
LAP. P.M
NERCA
D
K
D
K
D
K
D
K
D
K
D
K

3.  Penyusunan neraca lajur
Neraca yang sering digunakan adalah model 10 kolom, oleh karena itu akan kita di bahas penyusunan neraca lajur 10 kolom
a. Isi kolom Neraca saldo yang diambil dari saldo – saldo akun buku besar
(Harta bersaldo Debet, Utang bersaldo Kredit, Modal bersaldo Kredit, Pendapatan bersaldo Kredit dan Beban bersaldo Debet )
b.Isi kolom Ayat penyesuaian , yang diambil dari jurnal penyesuaian
c.Isi kolom Neraca saldo setelah disesuaikan, yang diambil dari kolom neraca       saldo dengan membandingkan kolom ayat penyesuaian
d.Isi kolom Laba / rugi, yang diambil dari kolom Neraca saldo setelah disesuaikan ( khusus akun nominal, yaitu akun pendapatan dan beban )
e. Isi kolom Neraca , yang diambil dari kolom Neraca saldo setelah disesuaikan   ( khusus akun riil, yaitu akun harta, utang dan modal )


F. PENDEKATAN, METODE, DAN MODEL PEMBELAJARAN
    Pendekatan                         : Kontruktivis
    Metode                                : Kooperatif,
    Model Pembelajaran           : Ceramah, Penugasan dan Praktik

G. MEDIA/SUMBER PEMBELAJARAN
     Media                                    : Papan tulis , LCD proyektor, Penggaris, Kalkulator
     Sumber Pembelajaran            :
Hadibroto, et al. 1978, Dasar-Dasar Akuntansi. Jakarta: LP3ES.
Sucipto Toto, Muelyati, Sumardi, 2009,Akuntansi 1, edisi 2, Jakarta : Yudistira.
Buku akuntansi yang relevan
LKS


     



H. SKENARIO PEMBELAJARAN
Pertemuan I
No
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
Model
Alokasi waktu
1







2
































3









Kegiatan awal:
a. Guru membuka kelas dan berdoa
b. Guru flashback tentang materi neraca saldo dan jurnal penyeseuaian


Kegiatan inti:
a. Guru menyampaikan inti materi dan kompetensi yang ingin dicapai
b. Guru menerangkan dan mempraktikkan pembuatan neraca lajur perusahaan jasa
c. Guru memberi tugas untuk mendefinisikan dan fungsi dari neraca lajur perusahaan jasa

d. Guru membentuk sebuah kelompok dalam kelas untuk mempraktikan pembuatan neraca lajur


e. Guru membahas hasil kelompok praktik pembuatan neraca lajur perusahaan jasa

f. Guru menerangkan semua materi yang disajikan tadi


g. Guru memberi
kesimpulan


Kegiatan akhir:
a. Guru mengulang kembali materi yang telah disampaikan dan menyimpulkan kembali
b. Guru mengakhiri dengan menyuruh siswa latihan soal selanjutnya di rumah
Kegiatan awal:
a. mengikuti dengan hikmat
b. Siswa mengingat kembali materi yang telah disampaikan pertemuan lalu.

Kegiatan inti:
a. Siswa memperhatikan penjelasan dari guru

b. Siswa memperhatikan penjelasan gurunya

c. Siswa mendiskusikan tugas tersebut




d. Siswa membagi kelompok menjadai beberapa bagian dan mepraktikan membuat neraca lajur

e. Siswa menyimak dan melakukan koreksi terhadap neraca lajur yang mereka kerjakan

f. Siswa mendengarkan dan menambahkan pada catatannya masing-masing

g. Siswa mencatat kesimpulan dari gurunya


Kegiatan akhir:
a. Siswa memperhatikan penjelasan dari gurunya

b. Siswa mencatat apa yang diperintahkan oleh gurunya.
Ceramah








Ceramah dan praktik






























Ceramah
5 menit








80 menit































5 menit













1 comment:

  1. Best 777 Casino - MapyRO
    777 Casino has 777 다파벳 gaming machines, 충청북도 출장마사지 live entertainment & poker games. Play now. 원주 출장마사지 777 Casino 충청남도 출장안마 - Casino Floor Map & Directions. 777 Casino St. Mary's. Rating: 3.6 · ‎1,821 정읍 출장안마 votes

    ReplyDelete